GILI TRAWANGAN

Posted on
Gili Trawangan Pulau Unik Nan Exotis...

Gili Trawangan adalah pulau yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Gili Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. 

Gili Trawangan punya nuansa "pesta" lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau.

Di Gili Trawangan  tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda dan cidomo yaitu kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor yang biasa kita sebut slowboat dan speedboat.

Di Gili Trawangan  kita dapat menikmati sunset dan juga sunrise sekaligus di pantai ini! Hal ini terjadi karena Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap timur dan menghadap barat, dan jaraknya tidak terlalu jauh. Sehingga baik sunrise maupun sunset dapat kita nikmati di pantai ini.

Sejarah:

Dahulunya pulau ini pernah dijadikan tempat pembuangan narapidana. Pada waktu itu karena semua penjara sedang penuh, raja yang waktu itu berkuasa membuang 350 orang pemberontak Sasak ke pulau ini. Baru sekitar tahun 1970-an pulau ini dijadikan tempat persinggahan orang orang Bugis dari Sulawesi yang kemudian menetap turun temurun disini bersama warga Sasak dan Bali.

5 Tips Liburan ke Gili Trawangan

  • Jangan datang di bulan Agustus sampai Desember.

Memang sih, everyday is high seasson in Gili. Tapi pada bulan-bulan tadi, jumlah wisman yang datang ke gili terlalu ramai. Apalagi menjelang tahun baru atau perayaan Nyepi. Mahal dan ramai banget! Kami takut, privacy anda saat berlibur terganggu.

Tetapi jika keramaian kampung internasional ini yang anda cari, momen-momen ini tepat untuk ada berlibur di Gili Trawangan.

  • Jangan datang sendiri

Pastikan anda berkunjung ke gili dengan bergerombol atau ajak teman maupun keluarga, datang beramai-ramai dan melakukan hal gila bersama kawan adalah cara seru menikmati keindahan di Gili Trawangan, kalau datang sendiri, pastikan anda sudah menyewa sepeda seharga 50 - 60 ribu sehari agar lebih mobile , dan tidak kesepian di keramaian Gili Trawangan.

  • Jangan datang malam hari.

Usahaan anda datang sebelum matahari terbenam, selain gelombang laut yang agak besar datang malam hari akan mengaburkan orientasi medan anda saat berlibur ke pulau ini. Apalagi jika anda tidak ditemani seorang rekan atau teman yang mengenal karakteristik pulau itu dengan baik.

  • Jangan bawa duit pas-passan

Sangu berlibur ke Gili tidak bisa dibandingkan dengan sangu berlibur ke pantai pantai lainnya. Harga kertas rokok di pulau ini Rp 25 ribu bro. Harga rokok selalu jauh lebih mahal dari bandrolnya. harga makanan dan minumanvpun lebih mahal dari di daratan, jadi dianjurkan idak membawa duit pas pasan.

  • Jangan abaikan fullmoon party

Jangan abaikan fullmoon kalau anda pecinta party. So pasti, tradisi pesta paling tua di Gili Trawangan ini biasanya digelar malam bulan purnama. Party yang di kelola remaja anak pulau ini tak pernah sepi pengunjung. Sebagian besar pengunjung yang sering ke Gili Trawangan akan selalu sepakat bahwa the best moment party in the island adalah fullmoon party.